Sabtu, 31 Oktober 2015

Resensi Film A moment To Remember

RESENSI FILM A MOMENT TO REMEMBER


            




Data / Identitas Film:

Judul               : 머리속의 지우개 / 머리 속의 지우개 / Nae meorisokui jiwoogae /
                          A Moment to Remember
Genre              : Romance Melodrama
Sutradara         : John H. Lee
Penulis Skenario: Yeong Ha Kim, John H. Lee
Produser          : Cha Seung Jae, No Jong Yoon, Kim Sang Min, Lee Young Pil
Sinematografi  : Lee Joon Kyu
Rilis                 : 5 November 2004
Durasi              : 117 Menit
Produksi          : Sidus Pictures, CJ Entertaiment
Distributor       : CJ Entertainment
Negara             : Korea Selatan
Bahasa             : Korea Selatan
Pemeran          :
  • Jung Woo Sung sebagai Cheol Su
  • Son Ye Jin sebagai Su Jin
  • Baek Jong Hak sebagai Seo Yeong Min
  • Lee Seon Jin sebagai Ahn Na Jeong
  • Sang Gyu Park sebagai Mr. Kim
  • Hie Ryeong Kim Ibu dari Su Jin
  • Ji Hyun Seon sebagai Jeong Eun
  • Kim Bu Seon sebagai Madam Oh
  • Pyeong Kir Kwon sebagai Dokter Lee
  • Shin Cheol-jin sebagai Manajer Taman
  • Jin Yong-ok sebagai pekerja konstruksi 1
  • Shin Hyun-tak sebagai pekerja konstruksi 3
  • Kwon Byeong-kil sebagai Ph.D Lee
  • Oh Gwang-rok sebagai bum di stasiun
  • Jung Min-sung sebagai penelpon pada telepon
  • Choi Gyo-sik sebagai perwira public



Pembukaan

A Moment to Remember (artinya "Sebuah Momen untuk Diingat", Hangul:  머리 속의 지우개; RR: Nae Meorisogui Jiugae; artinya "Penghapus dalam Kepalaku") adalah sebuah film Korea Selatan 2004 yang berdasarkan pada drama televisi Jepang 2001 Pure Soul. Film tersebut dibintangi oleh Son Ye-jin dan Jung Woo-sung mengisahkan tentang pertemuan mereka dalam sebuah hubungan dan hilangnya ingatan yang disebabkan oleh Alzheimer.


Film tersebut dirilis pada 5 November 2004 di Korea Selatan. Film tersebut mendapatkan kesuksesan secara domestik, menempati box office selama dua minggu konsekutif untuk menjadi film dengan keuntungan tertinggi kelima pada 2004 dengan 2,565,078 penonton. Film tersebut juga menjadi sebuah hit di Jepang, mengalahkan rekor film Korea sebelumnya yang dirilis disana; film tersebut menjadi film dengan keuntungan tertinggi ke-19 di box office Jepang

Isi

A moment to remember mengisahkan asmara antara seorang pria dan wanita. Kisah ini diawali dengan pertemuan Kim su jin ( Son Ye-jin) dan Choi Chul-soo (Jung Woo-sung) di sebuah mini market. Su jin berusia 27 tahun sedang patah hati karena di tinggal oleh sang kekasih. Lalu ia pergi ke sebuah mini market dan membeli sebuah minuman. Tetapi Su jin lupa dengan minuman yang ia beli tidak dibawa. Akhirnya dia kembali lagi ke mini market tersebut. Ketika dia kembali bertemulah dengan Chul soo ini adalah pertemuan pertama mereka. Su jin mengira minuman yang di pegang Chul soo minuman dia dan Su jin Pun mengambilnya dan dia langsung pergi.

Keesokan harinya Su jin pergi dengan ayahnya ketempat dimana ayahnya bekerja. Ayahnya adalah CEO dari perusahaan konstruksi dimana Chul soo bekerja. Ketika Su jin sampai di tempat pekerjaan ayahnya, dia melihat pria yang sedang berjalan dan ternyata itu Chul Soo pria yang dia temui di mini market.

Su Jin pun kembali lagi ke tempat dimana Chul Soo bekerja. Dia mengikuti Chul Soo hingga malam hari. Su jin menghampiri Chul Soo yang sedang minum. Dari situ awal kedekatan mereka. Mereka pun saling jatuh cinta. Menghabiskan waktu bersama. Sampai akhirnya Su Jin meminta Chul Soo untuk menikahinya. Awalnya Chul Soo menolak permintaan Su Jin. Tetapi setelah Su Jin memohon-mohon akhirnya Chul Soo pun menikahi Su Jin.

Setelah pernikahan itu mereka tinggal di sebuah rumah yang sederhana. Hari – hari mereka begitu indah penuh dengan rasa cinta kasih dan sayang. Mereka pun hidup dengan bahagia. Setelah beberapa minggu menikah. Su Jin merasa akhir-akhir ini dia bermasalah dengan menemukan jalan kembali kerumahnya. Lalu dia pun pergi ke sebuah rumah sakit dan bertemu dengan seorang dokter. Dokter itu bilang kepadanya Su Jin untuk kembali satu minggu lagi. Dan Su Jin pun menemui dokter itu, Dan Dokter pun memberitahu SU Jin kalau dia mempunyai penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit yang dapat menghapus semua ingatannya. Dia akan melupakan keluarga, teman bahkan dirinya sendiri. Semua kenangan akan hilang semuanya. Setelah mendengar itu Su Jin langsung down. Dia tidak mengira penyakitnya separah itu.

Akhirnya Su Jin berhenti bekerja. Dia ingin menghabiskan waktunya bersama dengan suaminya karena dia tahu bahwa ingatannya tidak lama lagi akan hilang. Suatu ketika Su Jin memasakan makanan untuk Chul Soo. Tetapi makanan yang dibawa Chul Soo itu semuanya nasi tidak ada lauknya. Dari sini Chul Soo merasa heran dan dia pun menemui dokter dimana Su Jin berobat. Dokter itu memberitahu Chul  Soo tentang penyakitnya Su Jin. Chul Soo tidak mempercayai ini semua. Tetapi harus bagaimana lagi takdir berkata lain.

Berjalannya waktu Su jin mulai hilang akan ingatannya. Sampai orang tua tua Su Jin membawanya pulang dan menempatkan dia di sebuah fasilitas kesehatan. Chul Soo pun menemui Su Jin yang didampingi dengan seorang suster dan di situ Su Jin benar-benar lupa akan semua ingatannya. Dia juga tidak mengingat Chul soo lagi. Chul Soo meminta izin kepada suster tersebut untuk membawa Su jin jalan. Chul Soo membawa Su jin ketempat pertama kali mereka bertemu yaitu di sebuah mini market. Di situ terdapat keluarga Su Jin yaitu ayah, ibu dan adiknya dan ada juga seorang dokter. Su jin  bertanya kepada Chul Soo “apakah ini surga” Chul Soo pun menjawab “iya”. Mungkin ingatan Su Jin tidak kembali lagi. Tapi setidaknya dia mengetahui. Dia bersama orang-orang yang menyayangi dan mencintai dia.

Kelebihan
  • Setiap karakter yang hadir di dalam cerita mampu digambarkan dengan cukup baik
  • Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini
  • Penampilan pemerannya sangat menjiwai karakter yang diperankan
  • Film ini sangat bagus dan menarik untuk ditonton


Kekurangan
  • Akhir ceritanya kurang jelas, masih menggantung sehingga menimbulkan rasa penasaran bagi para penontonnya.


Pendapat


Menurut saya film ini sangat bagus. mengajarkan kita tentang kesabaran bagaimana kita menghadapi penyakit yang diderita oleh orang yang kita sayang. oleh karena itu, kita harus selalu sabar dan pantang menyerah dalam melawan penyakit yang kita hadapi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar