Sabtu, 02 November 2013

Persaingan Usaha Antara Matahari Departmen Store dengan Ramayana

     Bergesernya pola belanja masyarakat dari pasar tradisional ke pasar modern mendongkrak potensi pertumbuhan ritel terbesar contohnya Matahari departemen store. Siapa yang tidak tahu Matahari department store?  Matahari Departmen store merupakan suatu tempat perbelanjaan yang menjual berbagai macam kebutuhan gaya yang terdiri pakaian anak,wanita,pria, sepatu dan tas, parfum dan berbagai kebutuhan gaya lainnya. Tempat perbelanjaan ini terdapat di berbagai kota di seluruh Indonesia. PT. Matahari Putra Prima TBK merupakan pemilik dari Matahari Departmen Store yang saat ini mempunyai 79 departmen store di berbagai kota di seluruh Indonesia.

     Dalam setiap usaha pastilah ada pesaing - pesaingnya. Salah satu pesaing terbesar Matahari department store yaitu Ramayana yang merupakan tempat perbelanjaan yang menjual berbagai macam kebutuhan gaya sama dengan matahari. Untuk dapat bertahan dalam meningkatkan minat konsumen agar para konsumen membeli produk – produk mereka. Strategi yang dilakukan oleh Matahari department store yaitu  menawarkan progam diskon, Beli dua gratis Satu, adanya bonus untuk setiap pembelian tertentu dan lain lain hal ini akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk – produk mereka. Tidak hanya itu Matahari Departmen Store mengiklankan produk – produk mereka di berbagai televisi yang ada di Indonesia.

     Meskipun jumlah Ramayana lebih banyak yaitu sekitar 113 gerai dibanding dengan matahari hanya 79 gerai. Tetapi tidak menghalangi matahari untuk menjadi yang lebih unggul. Keunggulan yang terdapat di Matahari salah satunya yaitu produk – produk yang mereka tawarkan dengan kualitas yang bagus seperti model pakaian yang branded dengan merk merknya yang terkenal, produk – produk yang ditawarkan juga cukup banyak. Sedangkan di Ramayana produk – produk yang di tawarkan seperti model baju yang masih pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar