Jumat, 01 November 2013

Kewajiban Menutup Aurat Bagi Wanita Muslim



Bagi umat muslim di dunia khususnya para perempuan yang sudah baligh menutup aurat merupakan suatu kewajiban yang harus kita lakukan. Dari ujung kaki sampai ke ujung kepala merupakan aurat yang harus di tutupi kecuali wajah dan telapak tangan.  Tetapi pada kenyataannya meskipun menutup aurat itu merupakan suatu kewajiban tapi  banyak sekali perempuan – perempuan muslim yang sudah baligh di dunia maupun di Indonesia sendiri yang tidak memakai jilbab. Apa yang membuat mereka sampai saat ini belum memakai jilbab? Jawaban yang sering sekali di dengar mereka selalu berkata bahwa : belum siap, benerin dulu shalat, shalatnya aja masih jarang – jarang, takut susah dapet jodoh dan lain lain.
 
Allah SWT telah berfirman dalam al – qur’an surat Al – Ahzab ayat 59 :
“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan Allah SWT Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al-Ahzab: 59).
 
"Dan katakanlah kepada perempuan-perempuan yang beriman supaya menyekat pandangan mereka (daripada memandang yang haram), dan memelihara kehormatan mereka; dan janganlah mereka memperlihatkan perhiasan tubuh mereka kecuali yang zahir daripadanya; dan hendaklah mereka menutup belahan leher bajunya dengan tudung kepala mereka; dan janganlah mereka memperlihatkan perhiasan tubuh mereka melainkan kepada suami mereka, atau bapa mereka atau bapak mertua mereka atau anak-anak mereka, atau anak-anak tiri mereka, atau saudara-saudara mereka, atau anak bagi saudara-saudara mereka yang lelaki, atau anak bagi saudara-saudara mereka yang perempuan, atau perempuan-perempuan Islam, atau hamba-hamba mereka, atau orang gaji dari orang-orang lelaki yang telah tua dan tidak berkeinginan kepada perempuan, atau kanak-kanak yang belum mengerti lagi tentang aurat perempuan; dan janganlah mereka menghentakkan kaki untuk diketahui orang akan apa yang tersembunyi dari perhiasan mereka; dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, supaya kamu berjaya." (Surah An-Nur, ayat 31)
 
Jilbab dalam bahasa Arab berarti pakaian yang menutupi seluruh tubuh (pakaian kurung). Ayat ini menjelaskan pada kita bahwa menutup seluruh tubuh adalah kewajiban setiap muslimah dan merupakan tanda keimanan mereka.
 
Dari ayat di atas kita dapat mengetahui bahwa memakai jilbab dapat mengendalikan diri dari dorongan nafsu dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Perempuan beriman tentu saja akan memilih busana sederhana dan tidak berlebihan sehingga menimbulkan perhatian publik dan tidak untuk pamer (riya').
 
Kita harus berfikir bahwa kita tidak pernah tahu kapan kita meninggal? Tahun depankah? Bulan depankah? Satu minggu yang akan datangkah? Satu atau dua detik lagi? Kita tidak pernah tahu soal itu.. Hanya allahlah yang mengetahuinya. Oleh karena itu marilah kita menutup aurat kita karena itu merupakan kewajiban yang harus dilakukan dan Allah pun telah memerintahkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar