Senin, 20 Januari 2014

MENGAMATI WIRAUSAHA PECEL LELE LELA


            Siapa yang tidak mengenal Pecel Lele Lela? Pasti semua orang mengetahui usaha Pecel Lele Lela yang bergerak di bidang kuliner ini. Menurut pendapat saya Pecel Lele Lela mempunyai sesuatu yang menarik, yang unik. Sapaan khas Pecel Lele Lela pun terdengar nyaring saat ada pengunjung yang datang. ‘selamat pagi, selamat datang di Lela’ sapa pelanyan Pecel Lele Lela ramah yang lalu diikuti koor ‘selamat pagi’ dari pelayan lainnya. Jangan heran, kalaupun anda datang pada sore atau malam hari, pelayan di Pecel Lele Lela akan tetap menyapa dengan ucapan ‘selamat pagi.’ Usaha Pecel Lele Lela yang bergerak dibidang kuliner ini  sangat mementingkan sekali dari bahan bakunya sampai cara pengolahannya yang harus sesuai dengan SOP (Standar Operasinal Prosedur). Sehingga rasa dari Pecel Lele Lela yang ditawarkan pun tidak sia – sia, rasanya sangat enak pas dengan lidah orang Indonesia. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu tinggi karena relatif murah, tidak hanya kalangan atas saja yang bisa membelinya tapi dengan masyarakat menegah kebawah pun bisa membelinya.
            Setelah saya mewawancarai salah seorang pemilik outlet Pecel Lele Lela yaitu Pak Abdul. Saya mengetahui banyak hal bagaimana cara berwirausaha yang baik. Berwirausaha bukanlah hal yang mudah, butuh kesabaran, kegigihan.  Berwirausaha merupakan hal yang menyenangkan namun juga kita harus berani untuk mengahadapi tantangannya, contohnya menghadapi dalam kerugian. Menurut Pak Abdul tips dalam membangun usaha adalah harus komitmen dengan karyawan, harus komitmen dengan harga dan harus komitmen dengan customernya. Saya sangat tertarik sekali untuk membangun sebuah usaha. Kita khususnya para mahasiswa/i harus menciptakan lapangan pekerjaan bukan untuk mencari pekerjaan. Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah wirausaha Indonesia mencapai 0,24% dari populasi penduduk Indonesia dibandingkan dengan singapura yang lebih besar yaitu mencapai 7%. Untuk itu Negara Indonesia memerlukan wirausaha – wirausaha muda bukan para pencari kerja.

            Untuk usaha Pecel Lele Lela menurut saya tidak ada kekurangannya. Namun saya memberi saran outlet Pecel Lele Lela lebih diperbanyak lagi di kota – kota kecil supaya seluruh masyarakat Indonesia tahu tentang Pecel Lele Lela karena setiap saya menjumpai Pecel Lele Lela itu adanya di kota – kota besar dan mudah – mudahan Pecel Lele Lela bisa go International.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar