Minggu, 20 April 2014

KIAT AMPUH ATASI STRES

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dalam kehidupan –nya. Sumbernya bermacam – macam, mulai yang bersifat pribadi, pekerjaan maupun lingkungan. Masalah yang berat mungkin saja membuat anda tertekan atau stres. Berikut langkah mengatasi stress :
1.      Mengenali sumber stress
Cobalah untuk mencari tahu apa yang paling membuat anda merasa tertekan. Kadang – kadang sumber – sumber luar seperti lingkungan kerja, beban pikiran terlau banyak atau masalah pasangan dan keluarga yang jadi sebab utama atau jangan – jangan sumbernya pikiran anda sendiri, kekhawatiran, emosi tidak stabil bisa memicu kondisi stress.
2.      Belajarlah untuk berkata tidak dalam kehidupan
Sangat sulit rasanya untuk mengatakn tidak dalam kehidupan pribadi atau professional karena anda berfikir bahwa dengan menolak, orang lain pasti akan merasa jengkel. Bersikap tegas, focus  pada tujuan anda sendiri dan berani mengatakan tidak kepada mereka justu memberikan anda ketenangan, ini tentu mencegah anda terbawa pikiran stress dari pada terpaksa berkata iya sementara anda tak mau menunaikannya, ujung – ujungnya menyebabkan stres.
3.      Jangan menekan pikiran dan emosi
Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat anda stress. Berbicara sopan dengannya dan ceritakan tentang hal itu. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah membuat keadaan menjadi tambah rumit.
4.      Berikan waktu untuk diri sendiri
Cobalah untuk bersantai. Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga anda, membaca buku atau menonton film favorit, bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman, akan benar – benar menenangkan pikiran anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stress.
5.      Pola makan sehat dan seimbang
Faktanya ketika orang – orang dilandasi stress, mereka mulai lebih sering makan junk food, meninhkatkan asupan the atau kopi. Semua ini justru menyebabkan kondisi traumatic yang parah. Pilihlah menu harian yang sehat dan seimbang lengkap dengan komponen nutrisi yang cukup. Makanan organic dan termasuk sayuran berdaun hijau maupun buah – buahan yang meiliki anti – oksidan dan vitamin C membantu menurunkan hormone stress.
6.      Dengarkan music

Music bekerja seperti sihir untuk menenangkan pikiran anda dan memberikan efek rileks dari semua ketegangan dan stress. Jadi mendengarkan music favorit anda atau memainkan gitar atau piano ketik anda merasa stress sangatlah baik untuk dicoba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar